Iklan

.

Selasa, 28 Oktober 2014

Padang Temu Sastrawan Nusantara Melayu 2014

Rumpun dunia Melayu sudah terbentuk sejak jaman prasejarah. Meskipun kini bangsa Melayu cenderung memiliki jati diri atau identitas etnis yang berbeda-beda sesuai dengan warna lokal masing-masing, namun secara etnik, bahasa, budaya dan agama, masyarakat melayu memiliki banyak kesamaan jati diri salah satunya dalam bidang kesastraan .
Karya sastra dan sastrawan bangsa-bangsa Melayu serumpun besar fungsi serta peran dalam kehidupan. Kelembagaan sastrawan melayu anggotanya terdiri bagnsa Indonesia-Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand dan Philipina. Kelembagaan dan penghargaan kepada sastrawan itu, penting memformulasikan Kelembagaan dan Mekanisme Hubungan Budayawan Sastrawan Melayu. Karenanya pula penting diadakanlah pertemuan untuk para sastrawan Melayu di samping penguatan Silaturahim Sastrawan juga penting sebagai forum untuk mengkaji persoalan-persoalan budaya dan sastra Melayu pada setiap bangsa negara Melayu Serumpun. Pertemuan tentu diikuti para sastrawan yang diundang dari negara-negara rumpun melayu itu.
Dinas Pariwisata Kota Padang pada Tahun 2014 akan mengadakan  Pertemuan Sastrawan Nusantara Melayu. Pertemuan ini terasa amat penting untuk melihat secara kritis karya sastra dan relevansinya dengan kehidupan Bangsa Melayu Serumpun masa kini

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang bekerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora IAIN Imam Bonjol Padang, didukung oleh Studio Sastra, masyarakat Sastra Islam, negara melayu Filipina, kembali mengangkatkan acara bergengsi skala international dengan tema Temu Sastrawan Nusantara 3 di Padang, 30 Oktober s/d 1 November 2014. Peserta Temu Sastrawan Nusantara adalah para Sastrawan dan Penulis muda dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand. Temu Sastrawan Nusantara merupakan agenda tahunan pertemuan sastrawan. Agenda ini menjadi agenda sastra, budaya, wisata, yang saling memperkenalkan sastra, budaya, wisata Kota Padang ke dunia International. Kontak Person Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo (081266211955) Putri Golon Endo Mahata (081267315936) Syofyan Kudan, M.Pd (081363423663) email: temusastrawannusantara@gmail.com (sumber:padangtourism.info)

0 komentar:

Posting Komentar

Guru Tulis





Followers